KALBAR SIAP MENDUKUNG LTT MELALUI GERAKAN TANAM PADI LAHAN KERING SELUAS 112.000 H

0
198

Pontianak (9/5/2018) Kadis Pertanian Provinsi Kalimantan Barat Heronimus Hero, SP. MSi menerima Kunjugan Direktur Serealia Dit jen TP Kementan, Dr. Ali Jamil di Kantor Dinas Pertanian dalam rangka Gerakan Tanam Padi Lahan Kering yang dilaksanakan Besok siang Kamis 10/5/2018 di Desa Wajok Hilir Kab. Mempawah.
Sementara Esok harinya (10/5/2018) Kepala Badan PPSDMP Kementerian Pertanian RI DR. Ir. Momon Rusmono, MS bersama Direktur Serealia Ditjen TP Kementan, DR. Ali Jamil dan Rombongan tiba dilokasi pada pukul 13.00 WIB. Gerakan Tanam Padi Lahan Kering ini adalah upaya menyukseskan program UPSUS padi, jagung, kedelai dan Percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) padi tahun 2018. Gerakan ini dilaksanakan bersama Sekda Kab. Mempawah Drs.H. Ismail, MM, Kadis Pertanian Provinsi Kalbar Heronimus Hero, SP, MSi., Kodim 1201 Mempawah, Kadistan Kabupaten Mempawah Drh. Buntaran dan Gapoktan Wajok Madiri di Desa Wajok Hillir Kec. Siantan di lahan seluas kurang lebih 650 H. Yang disaksikan langsung oleh para kelompoktani setempat. Tidak terlepas dari itu BNI 46 Cabang Pontianak memberikan Program kemitraan pengembangan untuk padi dilahan kering, ini dapat memberikan motivasi dan gairah bagi petani untuk ikut dalam kemitraan. Acara diawali sambutan Kadis Kab. Mempawah dilanjutkan Sambutan Sekda Kab. Mempawah dan Arahan oleh Kepala Badan PPSDMP Kementan RI, DR. Ir. Momon Rusmono, MS.
Momon berpesan Kepada seluruh yang hadir bahwa Program Kementerian Pertanian untuk Padi lahan kering tahun ini ada 1 juta H padi pada lahan kering, dan yang sangat luar biasa Kepala Dinas Pertanian Provinsi berani menjamin dari 1 juta H, 150.000 H itu ditangani oleh Provinsi Kalbar, yang langsung disambut tepuk tangan. Dan yang lebih luar biasa lagi 15.000 H ada di Kabupaten Mempawah. Inilah yang membuat saya hadir disini unjarnya, mudah-mudahan dengan kehadiran saya disini bisa berdampak pada kabupaten yang lain. Diselah – selah kegiatan PT. Pertani memberikan bantuan benih 2.000 H atau 80 Ton benih kepada petani setempat begitu juga halnya dengan BNI 46 cabang Pontianak dapat memberikan bantuan pinjaman modal melalui program KUR. Sementara Ketua Gapoktan Wajok Mandiri Abul Budiyono sangat antusias bersyukur dgn adanya kegiatan ini, terus-terang apa yang kami kerjakan saat ini, bisa menjadi bukti kepada petani – petani yang lain bahwa target saya utk satu Hektar insyaaAllah bisa mencapai 5 ton (GKP) sementara tahun-tahun seblmnya hanya 2 ton/ha. Ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here