Trichograma

“Trichogramma adalah genus tawon polifagus kecil yang merupakan endoparasitoid dari telur serangga. Trichogramma adalah salah satu dari sekitar 80 genera dari famili Trichogrammatidae, dengan lebih dari 200 spesies di seluruh dunia”

Parasitoid dikenal sebagai salah satu musuh alami yang sangat berperan dalam menekan dalam perkembangan  hama Penggerek Batang Padi (PBP) di alam. Oleh karena itu usaha konservasi atau pun eksplorasi pemanfaatan parasitoid untuk pengendalian hayati di lapangan dapat diperbanyak di laboratorium dengan menggunakan telur Corcyra chepalonica sebagai inangnya.

Ada tiga jenis parasitoid telur hama PBP , antara lain Tetrastichus .sp. Telenomus sp.dan Trichogramma sp. Dari ketiga jenis parasitoid ini dapat dibedakan berdasarkan kepada bentuk sayap dan ukuran tubuh dari masing masing parasitoid , adalah sebagai berikut :

  • Tetrastichus sp. merupakan parasitoid telur PBP yang berukuran paling besar yaitu 1.20 mm, dengan bentuk sayapnya menyerupai bulatan
  • Telenomus sp. Ukuran tubuhnya 0.80 mm, dengan bentuk sayap lonjong.
  • Trichogramma sp.Parasitoid yang mempunyai ukuran tubuh paling kecil yaitu 0.40 mm,bentuk sayapnya menyerupai bulatan dan transparan.

Dari ketiga jenis parasitoid ini , yang dapat diperbanyak secara massal di laboratorium dengan menggunakan inang telur Corcyra adalah parasitoid Trichogramma sp.

PERBANYAKAN TRICHOGRAMA

null

Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) sampai saat ini masih merupakan salah satu kendala dalam peningkatan produksi pertanian. Usaha perlindungan tanaman perlu dilaksanakan secara komprehensif, agar semua faktor dapat berfungsi optimum

Dewasa ini kesadaran untuk kembali ke alam dalam melakukan budidaya tanaman semakin meningkat, kesadaran ini dipicu oleh berbagai dampak negatif pestisida. salah satu strategi pengendalian OPT yang ramah lingkungan adalah Refugia, 

REFUGIA dalam dunia pertanian berfungsi sebagai habitat  Mikro dan penyedia sumber makanan atau sumber nektar serta tempat berlindungnya musuh alami. Manfaat Refugia adalah:

1

Mikrohabitat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh alami

2

Sumber nektar atau pakan bagi musuh alami sebelum adanya populasi hama di pertanaman

3

Terciptanya agroekosistem yang seimbang, dimana jumlah hama yang ada dapat ditekan oleh keberadaan musuh alaminya, sehingga tidak menimbulkan kerugian secara ekonomi (di bawah ambang batas ekonomi).

4

Menambah nilai estetika, bahkan dibeberapa daerah sawah dijadikan agrowisata, sawah indah petani menjadi betah

Selain memperbanyak parastoid Trichogramma, Laboratorium Trichogramma juga memperbanyak tanaman refugia untuk dibuat benih dan didistribusikan ke daerah-daerah yang memerlukan. Lab Trichogramma mempunyai 22 jenis koleksi tanaman refugia dan terdapat 7 jenis tanaman yang diperbanyak massal untuk didistribusikan.  Koleksi tanaman refugia yang dimiliki Lab Trichogramma adalah bunga matahari, bunga kertas, kenikir, tagetes, wijen, jengger ayam koral, jengger ayam plume, tapak dara, rogoino, pacar air, marigold, mawar, melati, bunga pukul empat, bunga pukul delapan, putri makan sirih, beludru, adas pulosari, gerbera, kemuning, lavender, portulaca dan krisan. Bunga peacock dan terompet belum berhasil diperbanyak.

Berikut adalah daftar ketersediaan dan distribusi Pias dan benih Refugia yang ada di Laboratorium Trichograma secara real time, kami mengerti tidak semua orang punya waktu luang, aktifitas yang padat dan jarak kadang membuat kita enggan melakukan hal kecil seperti bertanya atau berkirim surat, untuk itu kami berusaha menyediakan informasi yang anda perlukan, jauh sebelum anda terpikir membutuhkannya, sehingga anda tidak perlu bertanya atau datang langsung untuk menanyakan stok, karena semua sudah tersaji dihadapan anda

STOK PIAS

GRAFIK STOK PIAS

DISTRIBUSI PIAS

GRAFIK DISTRIBUSI PIAS