Kami Melayani Dengan Sepenuh Hati

Pelayanan

Pelayananpublik

” Pelayanan adalah amanah publik yang harus senantiasa di jaga....kami sadar sebagai Institusi yang berinteraksi langsung dengan masyarakat, tentunya pelayanan adalah hal yang paling utama, untuk itu kami berusaha memberikan pelayanan paling prima, kepada semua pengguna, ucapan terimakasih kami haturkan karena anda selalu percaya kepada kami ”

[/tdc_zone]

Untuk prosedur pelayanan lebih lanjut terkait layanan yang ada pada kami, silahkan anda klik deretan Tab di samping kiri yang ada pada tabel, untuk pengguna HP klik tab paling bawah sesuai judul

AGENS HAYATI

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT.140/11/2011
Permentan Nomor 44/OT. 140/6/2012
2Jam PelayananHari Senin-Kamis : Pkl. 07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl. 07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1.   Mengajukan surat permintaan ditujukan kepada Kepala Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP)/Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BPOPT)
2.   Produk isolat untuk dikembangkan
3.   Menanggung ongkos pengiriman
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1.    Surat permintaan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT)
2.   Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Kepala Bidang Pelayanan Teknis, Informasi dan Dokumentasi (Kabid Yantekindo) untuk melayani permintaan dan melakukan verifikasi
3.   Kabid Yantekindo memberikan disposisi kepada Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) untuk mengecek jenis dan jumlah isolat Agens Hayati sesuai Permintaan
4.   Kasi Yantek memerintahkan Tim Agens Hayati (AH) untuk menyiapkan isolate Agens Hayati
5.   Tim AH memberikan jenis dan jumlah AH yang diminta dan menyampaikan kepada Kasi Yantek sesuai dengan stok yang tersedia
6.   Kasi Yantek memberikan/ mengirimkan isolat AH
5Jangka waktu penyelesaian1.   Pelanggan/ pengguna yang datang ke BBPOPT selesai dalam 1 Jam
2.   Pengiriman sampai ke pengguna 1-3 hari (tergantung jarak)
6Biaya/ Tarif Nihil (perbanyakan dari Dana APBN), kecuali ongkos pengiriman
7Produk Pelayanan(Trichoderma sp, Gliocladium sp, PaenibacUlus polymyxa, Pseudomonas fiuorescens, Beauveria sp, Methariztum, Bacillus subtilis)
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1.    Laboratorium AH, Autoclave, Laminair Air Flow
2.    Testube
3.    Produk merupakan isolat mumi
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1.    SI Jurusan Hama Penyakit (1 orang)
2.    D3 Pertanian (2 orang)
3.    SMK Pertanian (2 orang)
10Pengawasan Internal1.    Penilaian Kinerja (SPI)
2.    Audit Internal
3.    Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1.    SOP Penanganan Pengaduan
2.   Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
12Jaminan Pelayanan Maklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1.    Produk telah diuji untuk keamanan hayati dan lingkungan
2.   Proses sesuai dengan Instruksi Keija untuk penanganan Mikroorganisme
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1.    Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.    Pengawasan Tim SPI
3.    Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Pelanggan

PESTISIDA NABATI

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT.140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT.140/6/2012
2Jam PelayananHari Senin-Kamis : Pkl. 07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl. 07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1.    Mengajukan surat permintaan ditujukan kepada Kepala Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP)/Kepala BBPOPT
2.    Produk bibit tanaman nabati untuk dikembangkan
3.    Menanggung ongkos pengiriman
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1.    Surat permintaan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT)
2.    Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Kepala Bidang Pelayanan Teknis, Informasi dan Dokumentasi (Kabid Yantekindo) untuk melayani permintaan dan melakukan verifikasi
3.    Kabid Yantekindo memberikan disposisi kepada Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) untuk mengecek jenis dan jumlah bibit/benih nabati dan bahan nabati sesuai permintaan
4.    Kasi Yantek memerintahkan Tim Koleksi tanaman Nabati untuk menyiapkan
5.    Tim Koleksi Tanaman Nabati memberikan jenis dan jumlahnya bibit/benih yang diminta kepada Kasi Yantek sesuai dengan stok yang tersedia
6.    Kasi Yantek memberikan/ mengirimkan bibit/benih tanaman nabati
5Jangka waktu penyelesaian1.   Pelanggan/ pengguna yang datang ke BBPOPT selesai dalam 1 Jam
2.    Pengiriman sampai ke tangan pengguna 1-3 hari (tergantung jarak)
6Biaya/ Tarif Nihil (perbanyakan dari Dana APBN), kecuali ongkos pengiriman
7Produk Pelayanan1. Bibit/ benih Tanaman Nabati (biji, stek, cangkok)
2.  Bahan nabati, cair atau pasta
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1. Kebun koleksi Tanaman Nabati
2. Extraktor
3.    Destilator (alat suling)
4. Kompor
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1. SI Jurusan Hama Penyakit (4 orang)
2.    D3 Jurusan Hama Penyakit (2 orang)
3. SMK Pertanian (2 orang)
10Pengawasan Internal1. Penilaian Kinerja (SPI)
2. Audit Internal
3. Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1.    SOP Penanganan Pengaduan
2.    Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
12Jaminan pelayanan Maklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1.    Produk telah diuji untuk keamanan hayati dan lingkungan
2.    Proses sesuai dengan Instruksi Kerja untuk perbanyakan tanaman nabati
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1.  Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.  Pengawasan Tim SPI
3.  Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Masyarakat

TRICHOGRAMA

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT.140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT. 140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1.   Mengajukan surat permintaan ditujukan kepada Kepala Unit Keija Pelayanan Publik (UKPP)/Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan
2.   Produk produk pias Trichogramma sp untuk dikembangkan/ diaplikasikan
3.    Menanggung ongkos pengiriman
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1.    Surat permintaan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT)
2.   Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Kepala Bidang Pelayanan Teknis, Informasi dan Dokumentasi (Kabid Yantekindo) untuk melayani permintaan dan melakukan verifikasi
3.   Kabid Yantekindo memberikan disposisi kepada Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) untuk mengecek jenis dan jumlah pias Trichogramma sesuai permintaan
4.   Kasi Yantek memerintahkan Tim Perbanyakan Parasitoid Trichogramma sp untuk menyiapkan
5.   Tim Perbanyakan Parasitoid Trichogramma sp memberikan jenis dan jumlah pias Trichogramma yang diminta kepada Kasi Yantek.
6.   Kasi Yantek memberikan/ mengirimkan Pias Parasitoid Tricogramma sp
5Jangka waktu penyelesaian1.   Pelanggan/ pengguna yang datang ke BBPOPT selesai dalam 1 Jam
2.  Pengiriman sampai ke tangan pengguna 1-3 hari (tergantung jarak)
6Biaya/ TarifNihil (perbanyakan dari Dana APBN), kecuali ongkos pengiriman
7Produk Pelayanan1.    Pias Parasitoid Trichogramma sp
2.    Alat Pemasangan pias
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1.    Kotak Perbanyakan telur Corcyra sp
2.    Freezer
3.    Lampu ULV
4.    Pias
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1.    SI Jurusan Hama Penyakit (2 orang)
2.    D3 Jurusan Hama Penyakit (1 orang)
3.    SMK Pertanian (3 orang)
10Pengawasan Internal1.    Penilaian Kineija (SPT)
2.    Audit Internal
3.    Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1.    SOP Penanganan Pengaduan
2.   Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
12Jaminan pelayanan Maklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1.    Produk telah diuji untuk keamanan hayati dan lingkungan
2.   Proses sesuai dengan Instruksi Keija untuk perbanyakan pias Trichogramma sp
14Evaluasi Kineija Pelaksana1.    Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.    Pengawasan Tim SPI
3.    Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Pelanggan

REFUGIA

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT. 140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT. 140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1. Mengajukan surat permintaan ditujukan kepada Kepala Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP)/ Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT)
2.   Produk produk benih refugia untuk dikembangkan/diaplikasikan
3.    Menanggung ongkos pengiriman
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1. Surat permintaan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT)
2.   Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Kepala Bidang Pelayanan Teknis, Informasi dan Dokumentasi (Kabid Yantekindo) untuk melayani permintaan dan melakukan verifikasi
3.   Kabid Yantekindo memberikan disposisi kepada Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) untuk mengecek jenis dan jumlah benih refugia sesuai permintaan
4.   Kasi Yantek memerintahkan Tim Perbanyakan Refugia untuk menyiapkan bebih refugia
5.   Tim Perbanyakan Refugia memberikan jenis dan jumlah refugia sesuai permintaan kepada Kasi Yantek
6.    Kasi Yantek memberikan/ mengirimkan benih refugia
5Jangka waktu penyelesaian Pelanggan/ pengguna yang datang ke BBPOPT selesai dalam 1 Jam
6Biaya/ TarifNihil ( perbanyakan dari Dana APBN)
7Produk PelayananBenih Refugia
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1. Polibag
2.    Media tanam
3.    Nampan
4.    Kantong plastik
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1.  SI Jurusan Hama Penyakit (2 orang)
2.    D3 D3 Pertanian (1 orang)
3.    SMK Pertanian (3 orang)
10Pengawasan Internal1.    Penilaian Kineija (SPI)
2.    Audit Internal
3.    Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1. SOP Penanganan Pengaduan
2.   Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
12Jaminan pelayanan Maklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1. Produk telah diuji untuk kemanan hayati dan lingkungan
2.   Proses sesuai dengan Instruksi Keija untuk perbanyakan benih refugia
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Pengawasan atasan lansgung (SKP)
2.    Pengawasan Tim SPI
3.    Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Masyarakat

ASRAMA

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT.140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT.140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1. Mengajukan surat permintaan ditujukan kepada Kepala Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP)/Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT)
2.  Pemanfaatan ruang pertemuan di lingkungan BBPOPT dan Asrama/Mess dapat dipergunakan selama fasilitas tersebut tidak ada jadwal kegiatan internal
3.  Menjaga ketertiban dan kenyamanan selama pelaksanaan kegiatan
4.  Mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh BBPOPT
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1.  Surat permintaan pengguna kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT)
2.  Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) untuk melayani permintaan dan melakukan verifikasi
3.  Kabag umum memberikan disposisi kepada Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan (Kasubag RTP) untuk mengecek jenis dan jumlah yang diminta
4.  Kasubag RTP memerintahkan Petugas pelayanan untuk mengecek jadwal penggunaan ruang pertemuan dan Asrama/Mess
5.  Petugas Pelayanan memberikan informasi slot waktu yang kosong untuk dapat dipergunakan kepada Kasubag RTP
6.  Kasubag RTP memberikan tanda jadi pemesanan ruang pertemuan dan dormitory
7.  Kasubag RTP memberikan laporan kepada Ketua pelayanan publik
5Jangka waktu penyelesaianPelanggan/ pengguna yang datang ke BBPOPT selesai dalam 1 Jam
6Biaya/ Tarif1. Asrama Rp. 50.000,- Per Orang Per Hari
2.  Guest House Rp. 50.000,- Per Orang Per Hari
3.  Ruang Pertemuan Rp. 250.000,- Per Hari
7Produk Pelayanan1. Asrama dengan fasilitas AC, kapasitas 60 orang
2.  Ruang Pertemuan 2 unit kapasitas 30 orang ber-AC
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1. Jaringan Internet wire less
2. Tempat parkir luas
3.  Sarana olah raga
4.  Keamanan 24 jam
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1. SI Jurusan ilmu sosial (1 orang)
2.  SLTA (3 orang)
1. SLTP (3 orang)
10Pengawasan Internal1. Penilaian Kinerja (SPI)
2.  Audit Internal
3. Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1. Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
2.  Segera dilakukan tindakan
12Jaminan pelayananMaklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1. Petugas keamanan berjaga selama 24 jam/ hari.
2. Tenaga kebersihan
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.  Pengawasan Tim SPI
3.  Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Masyarakat

EFIKASI

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT. 140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT. 140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1.  Pelanggan mengajukan surat permintaan ditujukan kepada Kepala Unit Keija Pelayanan Publik (UKPP)/ Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT).
2.  Kepala BBPOPT sebagai Kepala UKPP memberikan disposisi kepada ketua Pelayanan Publik BBPOPT
3.  Pihak pelanggan mengajukan proposal untuk produk yang akan diuji.
4.  Menyediakan bahan (pestisida/ benih) yang akan diuji
5.  Membuat MOU dengan BBPOPT, yang berisi kespakatan bersama.
6.   Menanggung biaya pengujian, monitoring, analisis dan pelaporan.
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1. Surat permintaan pelanggan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT)
2.  Kep BBPOPT disposisi kepada Ketua Pelayanan Publik BBPOPT untuk diproses
3.  Ketua Pelayanan Publik BBPOPT melayani permintaan dan melakukan verifikasi proposal.
4.  Ketua Pelayanan Publik berkoordinasi dengan Koordinator fungsional/teknis untuk pelaksanaan pengujian.
5.  Pelaksana melakukan kajian sesuai dengan proposal yang telah disepakati, menganalisa dan membuat laporan
6.  Ketua Pelayanan Publik memberikan laporan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT)
7.  Kepala UKPP (Kepala BBPOPT) memberikan rekomendasi hasil pengujian kepada pelanggan.
5Jangka waktu penyelesaianKegiatan tingkat laboratorium : 1 bulan, Kegiatan tingkat lapangan : 1 musim tanam
6Biaya/ TarifSesuai SK Kepala BBPOPT
Sesuai peraturan sebagai instansi penguji
7Produk Pelayanan1. Hasil pengujian efikasi pestisida
2.  Hasil pengujian ketahanan varietas terhadap OPT
3.  Rekomendasi
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1. SDM yang profesional
2.  Penunjukan sebagai instansi penguji
3.  Sarana lahan percobaan seluas 12 ha
4.  Sarana laboratorium (entomologi, fitopatologi, VHT)
5.  Sarana Rumah Kaca
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1. SI Jurusan hama dan penyakit (6 orang)
2.  D3 D3 Pertanian
3.  SMK jurusan pertanian
10Pengawasan Internal1. Penilaian Kineija (SPI)
2.  Audit Internal
3. Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1. Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
2.  Segera dilakukan tindakan
12Jaminan pelayananMaklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1   Mengikuti standar aplikasi pestisida.
2   Menggunakan peralatan sesuai standar
3   Penyimpanan data dalam file yang aman
4   Rahasia untuk hasil pengujian.
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Pengawasan atasan lansung (SKP)
2.  Pengawasan Tim SPI
3.  Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Masyarakat

STOK PESTISIDA

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT.140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT. 140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1. Surat rekomendasi dari Direktur Jenderal Tanaman Pangan (Dirjen TP) untuk pengambilan pestisida.
2.  Perintah Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Penganggu Tumbuhan (BBPOPT) selaku Kepala Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) untuk pengeluaran pestisida dari gudang, berdasarkan surat rekomendasi dari Dirjen TP.
3.  Stok Pestisida tersedia di gudang.
4.  Biaya transportasi dibebankan kepada pelanggan.
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1. Surat permintaan pelanggan kepada Kepala UKPP/ Kepala BBPOPT, berdasarkan rekomendasi dari Dirjen TP.
2.  Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) selaku Pejabat Yang Mengelola Gudang Pestisida untuk diproses
3.  Ketua Pelayanan Publik BBPOPT melayani permintaan dan menindaklanjuti untuk memberikan pelayanan.
4.  Ketua Pelayanan Publik berkoordinasi dengan Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) selaku pejabat yang mengelola gudang pestisida
5. Kabag umum memerintahkan Kepala Subbagian Rumah Tangga dan Perlengkapan (Kasubag RTP) untuk memverifikasi permintaan dan ketersediaan pestisida di gudang.
6.  Kasubag RTP menugaskan petugas pemegang kunci gudang untuk menyiapkan pestisida sesuai permintaan.
7.  Pelanggan dan pengelola gudang bersama sama mengecek pengeluaran pestisida dari gudang.
8.  Petugas pengelola gudang membuat dokumentasi pengeluaran pestisida, mengambil gambar alat transportasi, mencatat nama dan alamat pelanggan.
9.  Petugas pengelola gudang menandatangani pengeluaran pestisida dari gudang bersama dengan pelanggan, yang diketahui oleh Kasubag RTP dan Kabag Umum.
5Jangka waktu penyelesaianJangka waktu penyelesaian 1 hari
6Biaya/ TarifNihil
Bongkar muat dan trasportasi ditanggung pelanggan
7Produk Pelayanan1. Jasa gudang
2.  Bongkar muat pestisida
3. Administrasi
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1. Gudang Pestisda (2 gudang)
2. Tenaga pengelola gudang
3.  Stok Pestisida nasional
4.  SDM yang professional
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1.  SI Jurusan sosial 1 orang
2.  SLTA 2 orang
10Pengawasan Internal1. Penilaian Kinerja (SPI)
2. Audit Internal
3. Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1. Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
2.  Segera dilakukan tindakan
12Jaminan pelayananMaklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1. Mengikuti standar gudang pestisida.
2.  Menggunakan peralatan yang layak
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.  Pengawasan Tim SPI
3.  Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Masyarakat

P3OPT

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT. 140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT. 140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1. Surat Permohonan dari pelanggan untuk Bimbingan Teknis P30PT.
2.  Surat Perintah dari Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) sebagai Kepala Unit Keija Pelayanan Publik untuk melaksanankan bimbingan teknis P30PT.
3.  Peserta : petani, petugas atau masyarakat umum.
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1. Surat permintaan pelanggan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT),
2.  Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Ketua Pelayanan Publik BBPOPT untuk diproses
3.  Ketua Pelayanan Publik BBPOPT berkoordinasi dengan Bidang Pelayanan teknis Informasi dan Dokumentasi Yantekindo) untuk melayani permintaan dan memberikan pelayanan.
4.  Kepala Bidang Pelayanan Teknis, Informasi dan Dokumentasi (Kabid Yantekindo) memerintahkan Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) untuk memberikan surat jawaban dan memeverifikasi jenis bimbingan teknis yang diinginkan
5.  Kasi Yantek berkoordinasi dengan Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional (Korfung) untuk mengajukan narasumber, diketahui Kabid Yantekindo dan disetujui Kepala BBPOPT.
6.  Surat Penugasan Kepala BBPOPT diberikan kepada petugas yang ditunjuk.
7.  Petugas yang ditunjuk melaksanakan pelayanan teknis P3OPT, sesuai permintaan dan penugasan
5Jangka waktu penyelesaianJangka waktu penyelesaian 1 hari
6Biaya/ TarifNihil
Biaya ditanggung ole BBPOPT, sesuai Standar Biaya Umum Biaya dtanggung oleh Pelanggan sesuai Standar Biaya Umum daerah pengundang
7Produk Pelayanan1. Bimbingan Teknik Pengamatan OPT
2.  Bimbingan Penerapan dan Pengembangan Peramalan OPT
3.  Bimbingan Teknik Pengembangan Pengendalian Ramah Lingkungan
4.  Bimbingan, Perbanyakan dan Pemanfaatan Agens Hayati
5. Bimbingan Pembuatan dan Pemanfaatan Bahan Nabati
6.  Pendampingan Penerapan PHT
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1. Bahan tayang materi P3OPT
2.  Bahan Informasi P3OPT
3.  Model-model teknologi P3OPT yang telah dikembangkan BBPOPT
4.  Produk yang dihasilkan BBPOPT
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1. Tenaga fungsional OPT 38 orang
2.  Tenaga teknis yang berpengalaman
10Pengawasan Internal1. Penilaian Kinerja (SPI)
2. Audit Internal
3. Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1.  Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
2.  Segera dilakukan tindakan
12Jaminan pelayananMaklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1. Mengikuti standar gudang pestisida.
2.  Menggunakan peralatan yang layak
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1.  Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.  Pengawasan Tim SPIPelaksanaan survei Indeks Kepuasan
Masyarakat

PKL

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT.140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT. 140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1. Surat Permohonan dari pelanggan untuk magang/ PKL yang ditanda tangani oleh Kepala sekolah/ Dekan/ Kepala Dinas.
2.  Surat Perintah dari Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) sebagai Kepala UKPP untuk melaksanankan bimbingan teknis P3OPT.
3.  Peserta petani, siswa, mahasiswa atau masyarakat umum harus mengikuti ketentuan yang berlaku di BBPOPT
4.  Data hasil magang/PKL menjadi milik bersama
5. Wajib memberikan laporan hasil magang/PKL kepada BBPOPT
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1. Surat permintaan pelanggan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT),.
2.  Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Ketua Pelayanan Publik BBPOPT untuk diproses
3.  Ketua Pelayanan Publik BBPOPT berkoordinasi dengan Bidang Pelayanan Teknis, Informasi dan Dokumentasi Yantekindo) untuk melayani permintaan dan memberikan pelayanan
4.  Kabid Yantekindo menugaskan Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) untuk memberikan surat jawaban dan memverifikasi permintaan untuk magang/ PKL yang diinginkan
5.  Kasi Yantek berkoordinasi dengan Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional (Korfung) untuk menyiapkan Fungsional POPT sebagai instruktur dan diketahui oleh Kabid Yantekindo
6.  Surat perintah Kabid Yantekindo diberikan kepada Fungsional POPT yang bertindak sebagai instruktur
7.  Kasi Yantek menyusun jadwal penempatan peserta magang/ PKL di laboratorium
8.  Fungsional POPT yang ditunjuk melaksanakan pelayanan teknis P3OPT, sesuai permintaan
5Jangka waktu penyelesaianJangka waktu penyelesaian 1 hari - 3 bulan
6Biaya/ TarifNihil
7Produk Pelayanan1.    Pengembangan Peramalan OPT secara kausal dan runtun waktu
2.     Pemetaan daerah serangan OPT
3.     Perbanyakan agens hayati padat dan cair
4.     Perbanyakan lalat buah
5.     Identifikasi hama dan penyakit tumbuhan
7.     Eksplorasi agens hayati
8.     Identifikasi hama dan penyakit tumbuhan
9.     Perbanyakan dan aplikasi parasitoid Trichogramma sp
10. Pengelolaan perkantoran
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1.    Bahan tayangan materi P3OPT
2.     Bahan Informasi P3OPT
3.     Model peramalan OPT
4.     Laboratorium (7 laboratorium
5.     Koleksi serangga
6.     Koleksi gejala penyakit kering dan basah
7.     Koleksi gejala penyakit dan hama
8.     Koleksi patogen (bakteri dan jamur)
9.     Koleksi isolat AH (bakteri dan jamur)
10. Bahan cetakan (leaflet, brosur, buletin)
11. Laboratorium ( 7 jenis)
12. Rumah kaca (4 buah )
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman 5- 25 tahun
1. Tenaga fungsional OPT 45 orang
2.  Tenaga teknis yang berpengalaman
10Pengawasan Internal1. Penilaian Kinerja (SPI)
2.  Audit Internal
3. Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1. Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
2.  Segera dilakukan tindakan
12Jaminan pelayananMaklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1.  Mengikuti standar pembelajaran untuk orang dewasa (andragogi)
2.  Menggunakan peralatan yang layak
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.  Pengawasan Tim SPI
Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Masyarakat

SAMPEL

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPermentan Nomor 76/OT. 140/11/2011 Permentan Nomor 44/OT.140/6/2012
2Jam pelayananHari Senin-Kamis : Pkl.07.30-12.00 Wib dan Pkl. 13.00-16.00 Wib
Hari Jumat : Pkl.07.30-11.30 Wib dan Pkl. 13.00-16.30
3Persyaratan1. Surat Permohonan dari pelanggan dengan membawa sampel tanaman/ serangga) untuk dilakukan identifikasi
2.  Surat Perintah dari Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) sebagai Kepala Unit Keija Pelayanan Publik (UKKP) untuk melaksanakan identifikasi sampel tanaman/ serangga
3.  Sampel dalam kondisi yang baik, diberi keterangan yang jelas seperti (Lokasi, waktu pengambilan sampel, catatan singkat kondisi lingkungan dan nama yang melakukan pengambil sampel)
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur1.  Surat permintaan pelanggan kepada Kepala UKPP (Kepala BBPOPT),
2.  Kepala BBPOPT memberikan disposisi kepada Ketua Pelayanan Publik BBPOPT untuk diproses
3.  Ketua Pelayanan Publik BBPOPT berkoordinasi dengan Bidang Pelayanan Teknis Informasi dan Dokumentasi Yantekindo) melayani permintaan dan memberikan pelayanan identifkasi sampel.
4.  Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Kasi Yantek) berkoordinasi dengan Korfung untuk menyiapkan Fungsional POPT sebagai analis untuk melakukan identifikasi sampel dan diketahui Kepala Bidang Pelayanan Teknis, Informasi dan Dokumentasi (Kabid Yantekindo)
5.  Surat perintah Kabid Yantekindo diberikan kepada Fungsional POPT yang bertindak sebagai analis
6.  Fungsional POPT yang ditunjuk melaksanakan identifikasi sesuai permintaan pelanggan.
7.  Hasil identifikasi diserahkan kepada Kasi Yantek.
8.  Kasi Yantek membuat draft surat hasil identifikasi, diketahui Kabid Yantekindo dan ditandatangani oleh Kepala Balai
5Jangka waktu penyelesaianJangka waktu penyelesaian 1 hari - 7 hari
6Biaya/ TarifNihil
7Produk Pelayanan1. Identifikasi gejala penyakit tumbuhan.
2. Identifikasi seranggan hama
3.  Identifkasi mikroorganisme patogen
4.  Identifikasi mikro organisme musuh alami
8Sarana, Prasarana dan/ atau Fasilitas Pelayanan1. Laboratorium Fitopatologi, Entomologi, PCR
2.  Mikroskop
3.  Incase, Autoclaf
4.  Media buatan
5.  Disecting set
6.  Slide dan obyektif glas
7. Cawan petri, tabung reaksi
8.  Kamera
9.  Mesin PCR
10. Hiperspektral
9Kompetensi dan Jumlah PelaksanaPelaksana telah berpengalaman >5 tahun
1.  Tenaga fungsional OPT 38 orang
2.   Tenaga teknis yang berpengalaman
10Pengawasan Internal1.  Penilaian Kinerja (SPI)
2.  Audit Internal
3.  Tinjauan manajemen
11Penanganan Pengaduan1. Prinsip : obyektifitas, koordinasi, efektif dan efisien, akuntabilitas dan transparan
2.  Segera dilakukan tindakan
12Jaminan pelayananMaklumat Pelayanan
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan1. Mengikuti standar ISO IEC 17025: 2017
2.  Menggunakan peralatan yang layak
14Evaluasi Kinerja Pelaksana1. Pengawasan atasan langsung (SKP)
2.  Pengawasan Tim SPI
3.  Pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Masyarakat