Reba Ngada, Tradisi Menghormati Makanan Tradisional Uwi

0
163

Reba Ngada, Tradisi Menghormati Makanan Tradisional Uwi (Bagian VI)

 

 

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Seorang perempuan Langa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores, NTT, Selasa (15/1/2019) sedang mengantar makanan tradisional Uwi kepada ribuan masyarakat yang ikut Ritual Reba. KOMPAS.com/MARKUS MAKUR

“Saya mengajak masyarakat Ngada untuk melestarikan tradisi Uwi Reba. Kerja keras dan mandiri. Jangan lagi terima beras beras miskin dari pemerintah. Giatkan kembali menanam uwi di seluruh kebun masing-masing. Nenek moyang orang Ngada memiliki kecerdasan sosial yang ramah lingkungan. Menanam uwi (ubi) tidak merusak tanah,” jelasnya.

Wagub Nai Soi menegaskan, Pemprov NTT sudah memprogramkan bahwa rumah penduduk dijadikan tempat penginapan bagi tamu asing dan Nusantara. Untuk itu Pemprov siap menyelenggarakan Festival rumah layak dengan toilet bersih di seluruh kampung di 23 kabupaten dan kota.

Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, menjelaskan Pemprov dibawah kepemimpinan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub NTT Josef Adrianus Nai Soi dengan misinya: “NTT Bangkit Menuju Sejahtera”.

Salah satu solusi untuk mensejahterakan masyarakat NTT dengan pengembangan pariwisata yang berbasi masyarakat lokal.

Pua Geno mengatakan, berbagai festival akan diselenggarakan di seluruh NTT. Untuk itu masyarakat siap menyelenggarakan event pariwisata itu. Potensi pariwisata NTT sangat kaya dengan keunikan-keunikan masing-masing. Keuntungan pariwisata di NTT, baik bersumber dari APBD Provinsi NTT maupun APBD Kabupaten harus dinikmati oleh masyarakat NTT.

Penulis: Kontributor Manggarai, Markus Makur

Editor: I Made Asdhiana

Copyright Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here